Haruskah punya tablet jika sudah ada smartphone dan laptop? Pertanyaan ini bisa saja muncul di benak Anda. Tak heran, Anda mungkin tergoda oleh iklan tablet yang membanjiri media cetak dan elektronik. Forum gadget pun ramai membahas tablet. Tapi kemudian Anda berpikir telah memiliki smartphone dan laptop, apakah masih perlu memiliki tablet? Jawabnya adalah YA.  memiliki 5 alasan kenapa punya tablet menjadi perlu:

1. Unik
Ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan di smartphone, tapi bisa dikerjakan di laptop. Hal-hal seperti word processing, software dan web development, juga pekerjaan yang membutuhkan full-multitasking pastinya lebih bisa dilakukan di laptop daripada di smartphone. Adanya display lebar, keyboard fisik dan prosesor dengan speed tinggi, semua itu bisa dijumpai di laptop, bukan smartphone.

Namun jika Anda membutuhkan petunjuk jalan dengan bantuan GPS, hiburan saat berada dalam kendaraan, menerima email di tempat yang tidak ada jaringan WiFi, pastinya smartphone lebih dibutuhkan daripada laptop.

Namun bagaimana dengan tablet?

Tidak ada fungsi dasar baru yang bisa ditawarkan sebuah tablet, yang tidak bisa ditawarkan di laptop atau smartphone. Tablet bisa memberikan fitur GPS demikian juga web browser layaknya di laptop. Bahkan touchscreen yang ada di smartphone juga bisa didapatkan di tablet. Touchscreen itu bisa digunakan untuk memproses teks juga foto.

Dengan kata lain, tidak ada yang baru di dalam tablet. Apa yang ada di tablet telah lama ada di smartphone dan laptop. Namun tampilan tablet dengan touchscreen lebar dan resolusi tinggi itulah yang membuat tablet menjadi unik. Belum lagi User Interface Android Honeycomb yang tidak bisa dijumpai di smartphone Android. Itu karena Honeycomb memang dirancang khusus untuk tablet.

2. Keunggulan Performa
Apakah tablet Android mampu melakukan apa saja lebih baik dari sebuah smartphone? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah YA! Meskipun tablet seperti Galaxy Tab tidak bisa melakukan hal-hal sebanyak laptop, namun tablet Android itu mampu melakukan hal LEBIH BAIK dibanding smartphone maupun laptop.

Sebagai contoh, GPS maps. Anda bisa menggunakan smartphone sebagai penunjuk jalan saat bepergian. Tapi harus diakui untuk bisa melihat dengan jelas maka Anda harus sedikit memicingkan mata. Dan hal seperti itu tidak terjadi jika Anda menggunakan sebuah tablet. Layar lebar tablet akan sangat membantu Anda melihat arah jalan di Google Maps dengan sangat jelas. Hal yang sama juga terjadi saat Anda membutuhkan kualitas gambar yang bagus seperti untuk nonton video atau main games. Anda juga akan mendapatkan hal serupa pada productivity apps.

3. Web Surfing
Kedengarannya tidak masuk akal jika disebutkan bahwa tablet mampu mengakses web lebih baik dari laptop. Wajar saja ada yang menyangsikan itu karena memang kebanyakan situs didesain untuk tampilan laptop dan desktop.

Tapi perlu Anda tahu bahwa bentuk fisik tablet lebih mudah dipegang dan mampu menyesuaikan dengan segala tempat. Adanya multi-touch inteface juga merupakan nilai tambah bagi tablet. Fungsi mouse yang sangat dibatasi ruang secara otomatis terkalahkan dengan multi-touch yang sangat mudah dioperasikan di layar sentuh tablet. Saat mouse hanya mampu memberikan Anda fungsi satu jari, maka multi-touch mampu menerima 2, 3 bahkan 5 perintah dari jari-jari Anda.

Selain itu, tablet yang selalu terhubung dengan internet (3G models) akan memudahkan Anda untuk selalu terhubung dengan dunia luar tanpa harus memasang modem seperti pada laptop.

4. Battery Life
OK, umur baterai di tablet lebih lama dibanding laptop. Itu sudah menjadi cukup bukti tablet lebih nyaman dipakai kemanapun Anda bepergian.

5. Menghibur
Bekerja denga tablet Android tidak akan pernah membosankan. Berbeda dengan ketika Anda harus mengetik banyak hal dengan laptop. Sembari berdiri, duduk, menunggu di halte bis, tiduran, semua bisa dilakukan dengan tablet. Ingin putar video atau download lagu sembari berjalan di taman kota, kenapa tidak?

So, sudah mantap beralih ke tablet Android?