image

Siapa diantara kamu yang tak menyukai pisang? Setelah melihat berbagai informasi berikut ini, mungkin kamu akan berpikir dua kali untuk mengatakan tidak pada buah kuning satu ini.

Sebab, seperti yang dikutip dari UnderGoHealth.com, pisang memiliki 3 kandungan gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa, serta serat yang tentunya dapat memberikan energi yang cukup besar dan berkelanjutan secara instan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dua buah pisang dapat mendukung energi yang cukup untuk melakukan aktifitas berat selama 90 menit. Tak heran pisang dijadikan sahabat bagi para atlet olahraga.

Namun keuntungan tersebut hanyalah satu diantara khasiat lainnya yang dapat diberikan oleh buah pisang. Yuk simak keuntungan lainnya:

1. Depresi
Menrut sebuah survey yang baru dilakukan oleh MIND, diantara penderita depresi banyak orang yang merasa lebih baik setelah makan pisang. Ini karena pisang mengandung trytophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, zat yang dapat membuat tubuh rileks, dan meningkatkan mood serta membuat seseorang lebih bahagia.

2. PMS
Bagi para wanita, masalah PMS memang masalah yang tak bisa dihindari. Tinggalkan obat rasa sakit, dan mulailah makan pisang. Vitamin B6yang terkandung didalamnya dapat membantu mengontrol tikat glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati.

3. Anemia
Memiliki kandungan zat besi yang tinggi, pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah yang dapat membantu mengurangi anemia.

4. Tekanan darah tinggi
Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi dan rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk meredakan tekanan darah. Badan Makanan dan Obat-obatan AS baru saja menggalakkan industri pisang untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan juga stroke.

5. Meningkatkan kekuatan otak
Sebanyak 200 murid di sekolah Twickenham di Inggris terbantu saat menghadapi ujian tahun ini dengan memakan pisang saat sarapan, waktu istirahat, dan juga makan siang untuk meningkatkan kekuatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan potasium dalam pisang dapat membantu proses belajar karena membantu daya ingat murid.

6. Sembelit
Tinggi akan kadar serat, pisang dapat membantu menormalkan masalah sembelit pada orang yang kekurangan serat saat diet.

7. Obat mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk meredakan efek mabuk adalah dengan membuat milkshake pisang yang dicampur dengan madu. Pisang dapat menenangkan perut, sementara madu membantu membangun kadar gula darah, dan susu membantu menenangkan dan merehidrasi sistem tubuh.

8. Mabuk pada ibu hamil
Bagi ibu hamil, kebiasaan mual dan muntah di pagi hari atau yang biasa disebut morning sickness ternyata dapat dikurangi dengan mengonsumsi pisang. Memakan pisang untuk cemilan dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

9. Gigitan nyamuk
Tak hanya berfungsi untuk dalam tubuh, ternyata pisang juga memiliki fungsi penggunaan di luar tubuh. Coba gosokkan daerah yang digigit nyamuk dengan kulit pisang bagian dalam. Hal ini dapat membantu iritasi serta bentol pada kulit setelah gigitan nyamuk.

10. Saraf
Banana tinggi akan vitamin B yang dapat membantu menenangkan sistem saraf.

11. Infeksi lambung
Pisang digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang sangat lembut dan halus. Pisang satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stres dan juga menetralisir kelebihan zat asam serta mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.

12. Pengontrol suhu tubuh
Banyak orang yang menyebuut pisang sebagai buah yang memiliki efek mendinginkan yang dapat menurunkan temperatur secara fisik dan mental dari ibu hamil. Di Thailand, seorang ibu hamil makan pisang untuk memastikan jika bayi yang dikandungan akan lahir dengan suhu yang tidak tinggi.

So, pisang memang merupakan obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Yuk mulai rajin makan pisang dari sekarang!
(ncl)